Senin, 09 Maret 2020

Galang Rambu Anarki (1982 - 1997)


Galang dan Iwan Fals
Galang Rambu Anarki, anaknya Iwan Fals. Lahir 1 Januari menjelang Pemilu 1982. Tumbuh dan besar di Bintaro, Jaksel. Gaulnya di PIM, Pondok Indah Mall.

Sering clash dengan orangtua, tapi cukup mewarisi darah seni Iwan Fals, bapaknya. Meskipun sangat berbeda dalam selera musik. Galang terinspirasi Kurt Cobain; bapaknya penggila Bob Dylan dan Koes Plus.

*****

Di PIM, Galang bergaul gila-gilaan. Narkoba, alkohol, tawuran, semua disentuhnya. Tapi dia tetap membulatkan tekad: membentuk band musik.

Dia akhirnya ketemu sama Toni, vokalis yang 10 tahun lebih tua darinya. Selanjutnya, ketemu lagi sama Nial (bassist), Oka (drummer), dan Eri (gitaris). Kelimanya sepakat membentuk band JFF. Just for Fuck, Just for Fun, apalah...

Bunga Band
Kelimanya kemudian main-main di studio milik Oka. Meng-cover lagu milik band-band barat 90-an: Red Hot Chilli Peppers, Nirvana, Collective Soul, Pearl Jam, dan lainnya.

Merasa mainnya sudah mapan, mereka pun sepakat ikut festival. Karena band baru, gugup, mabuklah mereka semua sebelum naik panggung. Hasilnya: permainan mereka hancur dan disoraki penonton.

Galang marah disoraki. Merasa dilecehkan, dia pun melompat ke arah penonton dan baku pukul dengan anak-anak punk yang meneriakinya. Festival bubar.

Galang mengadu kepada bapaknya. Iwan Fals kemudian menasehati kelimanya, "Kalau kalian main usahakan jangan mabok. Karena kalau mabok, kalian tidak bakal bisa mengendalikan diri."

*****

Selanjutnya, kelimanya sepakat menepi ke studio milik Iwan Fals di Puncak Bogor. Di sana mereka workshop, bikin lagu sendiri. Iwan Fals sendiri sangat mendukung Galang dengan membelikan alat-alat musik. Meskipun sering dihancurkan Galang kalau lagi main karena sok-sok mau seperti Kurt Cobain.

Setelah tiga bulan workshop, kelimanya pun berhasil membuat materi lagu. Rekaman materi itu ditawarkan ke ragam produser lewat link Iwan Fals. Akhirnya mereka deal dengan sebuah label rekaman. Nama band disepakati: Bunga.

Sambil menunggu proses penggarapan album pertama Bunga, lagu berjudul Gila coba dimasukkan dalam album kompilasi Indie. Hasilnya, lagu itu cukup meledak di telinga pendengar radio.

*****

Sayangnya, di tengah proses penggarapan album Bunga, kabar duka datang. Galang ditemukan wafat di dalam kamarnya.

Keluarga menjelaskan bahwa Galang punya asma akut, tapi media kala itu menduga Galang wafat karena overdosis narkoba. Apapun itu, Iwan Fals sangat terpukul dan sempat vakum bermusik dalam waktu yang cukup lama.

Personil Bunga sendiri mengikhlaskan kepergian Galang. Mereka tak mau mempermasalahkannya. Apalagi, menurut Toni sang vokalis, Galang sempat menyiratkan kepergiannya. Kepada Toni, Galang bilang: dia ingin main gitar bersama Kurt Cobain, idolanya yang juga sudah wafat. Itu disampaikan Galang dua hari sebelum wafat.

Sebagai penghargaan kepada Galang, album pertama Bunga yang rilis 1997 diberi judul Untukmu Galang. Hitsnya berjudul Kasih Jangan Kau Pergi meledak di pasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar