Minggu, 22 Maret 2020

Akibat Tidak Percaya Virus

Tidak semua virus bisa ditemukan obatnya atau vaksinnya. Salah satunya adalah virus HIV, penyebab penyakit AIDS. Azydothymidine yang ditemukan 1987 hanya mampu memperpanjang usia penderita AIDS. Tidak menyembuhkannya.

Beruntungnya, dunia medis berhasil mengidentifikasi penyebab virus itu: hubungan seks. Epidemolog pun bisa melakukan upaya pencegahan infeksi HIV melalui sosialisasi hubungan seks yang baik dan sterilisasi benda-benda yang bisa menyebabkan virus itu berjangkit, semisal jarum suntik.

Sayangnya, hal tersebut tidak dipercayai oleh Thabo Mbeki, Presiden Afrika Selatan sejak 1999. Saat AIDS marak di negaranya, dia yakin itu disebabkan karena kurang gizi dan gaya hidup yang buruk, bukan karena virus. Dia pun menolak ragam nasehat dan bantuan dari dunia medis.

Sampai pada titik dimana korban tewas sudah banyak, Pemerintahan Mbeki mulai melunak. Pertengahan 2000, sekira 300 ribu lebih warga Afsel tewas akibat AIDS dan lima ribu lebih anak lahir dengan HIV positif.

*****

Sekarang, dunia dihadapkan sama virus corona yang belum ditemukan obat dan vaksinnya secara efektif.

Beruntungnya, dunia medis mampu mengidentifikasi penyebab virus itu. Sosialisasi dan sterilisasi pun 'tak putus-putusnya dilakukan.

Sekarang, pilihan ada pada kita: apakah kita mau menjadi warga yang baik atau kita mau seperti Thabo Mbeki?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar