Sabtu, 07 Maret 2020

Celakalah!

Ada dua surah dalam Al Qur'an yang diawali peringatan keras: celakalah!

Surah Al Mutoffifin dan Al Humazah.

Menariknya, yang diingatkan celaka bukanlah hal-hal besar, ghaib atau pun hal-hal yang berat dibahas, tapi hal-hal kecil yang sangat dekat dengan diri kita di keseharian.

Surah AL MUTOFFIFIN memperingatkan: celakalah bagi orang-orang yang curang! Orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain, minta dicukupkan. Dan apabila mereka yang menakar, mereka mengurangi.

Kita yang berjual-beli pakai timbangan, kita yang menghitung dan membagi upah, kita yang memberikan penilaian kinerja, hati-hatilah dengan kecurangan dan ketidakadilan yang mungkin melingkupi diri kita, meskipun sedikit.

Surah AL HUMAZAH memperingatkan: celakalah bagi para pengumpat dan pencela! Yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya.

Kita yang melakukan body shaming, melakukan bullying, menulis status kritikan yang memancing hinaan, yang menimbun harta dengan penuh kepelitan, hati-hatilah dengan tindakan kita.

*****

Ternyata hal-hal yang mencelakakan kita bukanlah economic down, kehilangan pekerjaan, virus yang menerpa, harga komoditas yang naik, tapi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar