Kamis, 27 November 2014

Semen Tonasa Fun Cross 2014

Saya 'tak melewatkan kesempatan mengikuti Semen Tonasa Fun Cross 2014. Alasannya sederhana saja: saya belum pernah melihat langsung kantor dan pabrik Semen Tonasa di daerah Pangkep sana. Alasan lain: siapa tahu dapat hadiah motor. Hehe...

Fun Cross 2014 diadakan dalam rangka milad ke-46 Semen Tonasa, perusahaan semen terbesar di Indonesia Timur yang tergabung dalam Semen Indonesia Grup bersama Semen Padang, Semen Gresik, dan Semen Vietnam. Lokasi start bertempat di Tonasa I, sementara finish-nya di Tonasa II.

Sebelum start di lapangan Tonasa I (foto: Sahrul Gaffar)
Ahad (23/11/2014) subuh, saya memacu sepeda menuju perbatasan kota Makassar-Maros. Di titik itu, saya menunggu mobil milik teman. Biasalah, nebenger. Lima belas menit menunggu, tumpangan mobil pick up datang. Sepeda ditaruh di belakang, mobil pun melaju kencang menuju Pangkep.

Hampir pukul 07.00 pagi, kami tiba di Tonasa I. Pasapeda lain dari pelbagai komunitas sudah padat berkumpul. Menurut informasi, peserta mencapai 1000-an. Di Tonasa I, banyak bangunan tua milik Semen Tonasa. Maklum, kantor dan pabrik di situ telah lama ditinggalkan karena sudah tidak beroperasi lagi.

Hampir finish di tugu Tonasa II (foto: Arham Nutriawan)
Sekira pukul 07.45, start dimulai. Para pasapeda memacu sepedanya. Rute Fun Cross berjarak sejauh 27 kilometer. Pasapeda harus melalui jalanan beraspal/beton (60%) dan jalanan tanah berbatu (40%).

Sepanjang perjalanan, pasapeda disuguhi ragam pemandangan alam: sawah yang menghampar, tebing yang menghijau, gunung-gunung yang membisu di kejauhan, dan lokasi tambang milik Semen Tonasa.

Sekira pukul 10.00, hampir seluruh pasapeda telah mencapai garis finish. Peserta lalu ramai berkumpul di halaman kantor Tonasa II yang luas. Berbeda dengan Tonasa I, kantor dan pabrik Tonasa II sangat mewah.

Istirahat di halaman Tonasa II (foto: Meilani Dwi Astuti)
Untuk pasapeda, panitia telah menyiapkan nasi kotak dan undian doorprize. Tim kami (Kalla Cycling Community) mendapatkan dua doorprize: botol air hasil undian lepas dan goodie bag berisi souvenir Semen Tonasa hasil lomba foto selfie yang dikirim via media sosial.

Sekira pukul 12.00, acara selesai. Pasapeda serentak membubarkan diri, termasuk kami. Tapi sebelum kembali ke Makassar, seorang teman menjamu kami di rumahnya dengan makanan khas Pangkep: ikan bakar.

Sepeda tempur (foto: Meilani Dwi Astuti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar