Jumat, 25 Agustus 2023

Umroh

Mimpi adalah salah satu cara Allah mewahyuhi Nabi. Umroh, salah satunya. Kala itu, dalam tidurnya, Muhammad bermimpi tawaf di ka'bah, sholat dua rakaat, sai di bukit Safa-Marwah, lalu bertahallul.

Mimpi itu beliau sampaikan kepada sahabat-sahabatnya. Para sahabatnya mendengar dengan antusias. Nabi pun mengerahkan ratusan penduduk Madinah menuju Mekkah naik onta untuk berumroh.

Rombongan Nabi dihadang oleh kaum Quraisy, penduduk Mekkah. Setelah terjadi diskusi alot, muncullah perjanjian Hudaibiyah yang salah satu isinya: umroh ditunda setahun ke depan.

Tahun depannya, Nabi dan para sahabatnya akhirnya berumroh. Beliau tawaf mengelilingi ka'bah disaksikan langsung kaum Quraisy dari kejauhan.

Untuk memperlihatkan kepada kaum Quraisy bahwa kaum Muslimin kuat, Nabi memerintahkan para sahabatnya tawaf sambil berlari-lari kecil dan memperlihatkan badan bagian pundak sebelah kanannya.

*****

Dalam sejarahnya, Nabi Muhammad tiga kali melakukan umroh. Umroh terakhir dirangkaikan dengan berhaji. 

Sekarang, umroh telah menjadi salah satu bagian krusial dari ibadah kaum Muslimin. Sepanjang tahun, secara berantrian, jutaan Muslim tak henti-hentinya bertawaf mengelilingi ka'bah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar