Minggu, 29 November 2020

Stadion Mattoanging

Saya pertama kali ke Stadion Mattoanging tahun 1997. Kala itu, PSM menjamu Persipura dalam laga perdana Babak 8 Besar Liga Indonesia. Saya lupa perusahaan rokok apa sponsor Liganya. Dunhill, kalau tidak salah.

Saya masuk lewat jalan samping kantor TVRI dengan lenggang. Beli tiket tribun terbuka dari calo. Dan kemudian berdesak-desakan di gerbang masuk. Dua-tiga polisi terlihat sibuk memukuli supporter yang coba memanjati dinding Stadion pakai sabuk.

Keadaan sudah sangat ramai di dalam Stadion. Pedagang kaki lima juga sudah keliling menjajakan barangnya. Sore itu full. Sebagian penonton bahkan sampai ke luar pagar pembatas. Laga lawan Persipura memang selalu disambut antusias.

Penonton jaman dulu tidak seatraktif sekarang. Dulu yang heboh, berseragam, dan banyak selebrasi hanya Supporter Mappanyukki. Supporter lain cuma pakai baju biasa, duduk, diam, dan nanti berteriak kalau sudah gol. 

Seperti biasa, sebelum pertandingan berlangsung, penonton selalu dihibur oleh aksi Rano melakukan ritualnya. Dia berdoa, mencium tiang gawang, dan memanjati tiang tinggi buat pasang bendera supporter. Beliau masih eksis sampai sekarang. Cuma mungkin tidak sehebat dulu. Faktor usia.

Selain selebrasi Rano, pertandingan persahabatan antarpejabat juga digelar. Salah satu pejabat yang saya kenal adalah Agum Gumelar, Pangdam VII Wirabuana kala itu. Bagi yang belum tahu, Pak Agum juga adalah mertua dari pebulutangkis Taufik Hidayat.

Laga bergengsi itu akhirnya dimenangkan PSM Makassar dengan skor 2-1 lewat gol Luciano Leandro dan Isaac Fatari.

*****

Musim berikutnya, saya kembali menginjakkan kaki ke Stadion Mattoanging untuk kedua kalinya. Kali ini Saya penasaran melihat aksi Jaime Rojas, pengganti Luciano Leandro yang hijrah ke Persija Jakarta.

Dan saya tidak kecewa. Gojekan playmaker Cile itu sungguh menghibur. Tendangan bebasnya juga berhasil menjebol jala Persma Manado malam itu. 

Jaime cuma semusim di PSM. Selanjutnya dia pindah ke PSMS Medan dan kemudian menjadi terkenal se-Indonesia gara-gara hubungannya dengan artis seksi Sarah Azhari.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar