Senin, 18 Mei 2020

Berdamai dengan corona

Covid-19 memang sudah harus diselesaikan dengan lintas ilmu. Bukan cuma ilmu kesehatan saja, tapi juga ilmu ekonomi. Hasilnya jalan tengah: jalankan perekonomian, tapi tetap terapkan protokol kesehatan.

APBN perlu diselamatkan. Duitnya pasti defisit gara-gara banyak dilarikan ke penanganan covid-19, bayar kartu Prakerja, bagi-bagi BLT, dan yang paling anyar: bayar THR ASN. Penerimaan kurang, pengeluaran melimpah.

Sektor rill (barang dan jasa) perlu segera digerakkan. Biar mereka kembali dapat laba, kembali bayar gaji, kembali belanja barang. Ujungnya: kembali setor pajak ke negara. PPN dan PPh. Demi keseimbangan APBN juga.

Dan ingat, bukan cuma ilmu kesehatan dan ekonomi yang diperlukan, butuh juga ilmu tentang takdir baik dan takdir buruk. Tahu-tahu akibat aktifitas ekonomi yang kembali menggeliat, ada keluarga kita yang terinfeksi covid-19 lalu wafat.

Dengan ilmu tentang takdir, insya Allah kesabaran dan keikhlasan menyertai kita tanpa ada penyesalan dan tuntutan berlebihan kepada Pemerintah. Jangan cari ilmu itu di situs prakerja.go.id. Pasti tidak dapat. Carilah dia di perenunganmu, di kesendirianmu saat menghamba kepada Allah di sepertiga malam.

Teriring doa, semoga kita tabah menjalani semua ini.

Semoga pula new normal betul-betul terwujud, bukan abnormal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar