Minggu, 30 Desember 2012

Kehidupan John Lennon (1960 - 1970): Musik dan Keluarga

"Saya ini seorang seniman. Berikan saya tuba dan saya akan memanfaatkannya." (John Lennon)

Pada 1960, John Lennon memulai karir musik profesionalnya. Bersama Paul MacCartney dan George Harrison, dia mengguncang dunia musik melalui grup The Beatles. Ketiganya menjadi kombinasi yang sempurna. Tampan dan memesona. Belakangan, bergabungnya Ringgo Star menggantikan Pete Best semakin menyempurnakan semua.

The Beatles: George, John, Ringgo, dan Paul
The Beatles awalnya lahir sebagai band beraliran rock n' roll. Namun seiring perjalanan, musik band ini banyak bereksperimen. Kejeniusan personalnya, terkhusus John dan Paul, dalam meramu lagu dan ragam alat musik melahirkan banyak gaya musik yang unik: blues, country, balada, dan lainnnya. Musik The beatles pun dijuluki beraliran eksperimental dan diklaim oleh banyak musisi sebagai sumber dari segala jenis musik di dunia.

Kafe-kafe di Hamburg, Jerman, menjadi saksi awal eksistensi The Beatles. Dari situ, mereka mendapatkan banyak penggemar. Hingga pada 1962, The Beatles memperoleh kontrak dengan perusahaan rekaman EMI. Hal yang membuat mereka pulang kampung kembali ke Inggris dan mulai berkreasi di studio EMI's Abbey Road, London, Inggris.

Dalam perjalanannya, sejak 1962, lahirlah album-album The Beatles yang tersebar di Inggris, Amerika Serikat, dan seluruh dunia: Please Please Me, With The Beatles, Beatles For Sale, A Hard's Day Night, Rubber Soul, Help, Revolver, Sgt. Peppers Lonely Hearts Club Band, Magical Mystery Tour, White Album, Yellow Submarine, Abbey Road, dan Let It Be.

Lagu-lagu ciptaan John mendominasi album-album itu, selain juga lagu-lagu Paul. Lagu-lagu John sangat kuat dari sisi lirik karena beberapa menceritakan kehidupan masa lalunya. Menariknya, nada musik yang digunakan John pada lagunya terdengar nyeleneh, lompat-lompat 'tak berirama. John juga menggunakan ragam alat musik: harmonika, tuba, sitar, dan lainnya. Beberapa lagu John yang terdengar unik dan tidak ada duanya di dunia adalah Tomorow Never Knows, Fool on The Hill, Mother Nature Son, Julia, A Day in The Life, Strawberry Fields Forever, Penny Lane, Don't Let Me Down, dan lainnya. 

Cynthia, Julian, dan John
Pada 1962, John berkeluarga untuk pertama kali. Dari beberapa wanita yang disetubuhinya, dia memilih Cynthia Powell, teman kuliahnya di Liverpool College of Art, sebagai istrinya. Bukan tanpa alasan, Cynthia telah mengandung anak hasil hubungan intim mereka berdua. Anak itu akhirnya lahir dan diberi nama Julian Lennon.

Hubungan John dan Cynthia retak beberapa tahun kemudian. John ketahuan selingkuh dengan wanita Jepang bernama Yoko. Karena John lebih memilih Yoko, dia dengan Cynthia pun akhirnya bercerai pada 1968. Perceraian John dan Cynthia mendapat simpati dari Paul, terlebih terhadap anak mereka Julian yang masih kecil. Paul pun menciptakan lagu berjudul Hey Julian yang digubah menjadi Hey Jude untuk menghibur Cynthia dan Julian. Lagu itu merupakan satu dari banyak lagu The Beatles yang abadi.

John dan Yoko
Sementara itu, hubungan John dan Yoko terus berlangsung. Hubungan itu dititahkan John dalam sebuah lagu berjudul The Ballad of John and Yoko. Hubungan yang menurut perkiraan banyak pengamat musik menjadi salah satu penyebab bubarnya The Beatles pada 1970. "Saya membuat band ini dan saya membubarkannya. Ini sesederhana itu," kata John setelah The Beatles bubar.

Referensi dan foto: diambil dari pelbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar