Minggu, 23 Desember 2012

Kehidupan John Lennon (Episode 1940 - 1946): Lahir Dari Keluarga 'Tak Harmonis

John Lennon kecil
John Winston Ono Lennon atau terkenal dengan nama John Lennon. Lahir di Liverpool, Inggris, 9 Oktober 1940. Ayahnya, Alfred Lennon, adalah seorang pelaut yang sering bepergian. Saat John lahir pun, dia tidak menghadirinya. Ibunya, Julia Stanley, adalah pelayan di sebuah kafe kecil bernama Penny Lane, seorang yang berperilaku bebas, suka mabuk, penikmat musik rock 'n roll, dan penggila Elvis Presley.

Perilaku bebas Julia kambuh saat dia bertemu John Dykins di kafe tempatnya bekerja. Dia menjalin hubungan dengan pria itu saat suaminya Alfred berlayar. Bahkan, dia membawa anaknya John untuk tinggal bersama Dykins di sebuah apartemen kecil. Dari hubungan terlarang ibunya itu, John memperoleh saudara perempuan bernama Victoria.

Perilaku bebas Julia sangat tidak disukai kakaknya, Mary Elizabeth atau biasa disapa Mimi. Mimi kemudian mengambil John untuk tinggal bersamanya. Terlebih Mimi juga sangat mencintai John. "Saat pertama memandangi John (ketika lahir), saya tahu dia akan menjadi sosok yang istimewa," kata Mimi. 

Pada 1946, Alfred kembali dari berlayar. Dia bertemu Julia untuk membangun kembali pernikahannya. Namun, Julia mengusirnya. Alfred kemudian mengunjungi Mimi untuk bertemu dan mengajak John jalan-jalan. John saat itu telah berumur 5 tahun dan bersekolah di Dovedale Primary School. Ternyata, Alfred membawa John ke Blackpool dan hendak hijrah berdua ke New Zealand.

John Lennon bersama ibu kandungnya, Julia Stanley
Mimi bingung mengetahui rencana Alfred. Dari teman pelaut, Mimi mengetahui alamat Alfred di Blackpool. Mimi pun mengajak Julia untuk bertemu Alfred. Saat Julia bertemu Alfred, terjadi perdebatan. Alfred kemudian menyuruh John yang baru berumur 5 tahun untuk memilih, ingin tinggal bersama ayahnya atau ibunya. John menjawab, “daddy,” ayahnya.

Alfred Lennon
Julia lalu pergi. Namun ketika dia melangkah keluar dari pintu, John mengejarnya dari belakang sambil menangis. Mimi yang melihat kejadian itu bertindak cepat: dia mengambil John dan membawanya lari, pergi.  

John kecil pun tinggal bersama Mimi dan suaminya, George Smith. Julia berpisah dari Dykins. Selanjutnya, Julia hidup bersama pria lain, Bobby, dan dikaruniai dua anak perempuan: Julia dan Jackie. Sementara Alfred, dia hidup di New Zealand, tanpa John, tanpa Julia.

Mother, you had me, but I never had you
I wanted you, you didn’t want me
So I, I just got to tell you
Goodbye, goodbye


Father, you left me, but I never left you
I needed you, you didn’t need me
So I, I just got to tell you
Goodbye, goodbye


...
Mama don’t go
Daddy come home

(Mother ditulis oleh John Lennon)

Referensi: A Biography of John Winston Ono Lennon oleh Jean Teeters, film Nowhere Boy, sing365.com. Foto: Dovedale School, Life.com, Absoluteelsewhere.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar