Senin, 26 Desember 2011

Syech Yusuf Discovery, Bangunan 'Tak Bertuan

Syech Yusuf Discovery dari kejauhan
BANGUNAN itu tampak cantik dari jauh karena huruf berbahan fiber berdiri tegap bertuliskan Syech Yusuf Discovery. Di belakangnya tampak beberapa bangunan berkubah kerucut dengan bangunan inti di tengah yang didesain menyerupai passappu': tutup kepala suku Makassar. Kalau di Jeneponto disebut patonro'.

Suasana halaman dengan rumput yang meninggi
Ya, Syech Yusuf Discovery nama bangunan itu. Kalau dibahasa-Indonesiakan berarti Penemuan Syaikh Yusuf. Syaikh Yusuf adalah ulama besar Gowa yang gaungnya sampai ke Afrika. Apa penemuannya? Itu yang membingungkan. Bangunan itu dari segi nama menipu memang karena Syaikh Yusuf sama sekali tidak memiliki temuan. Dan faktanya, beliau adalah seorang ulama, bukan penemu.

Papan nama yang dicoret-coreti pengunjung
Papan nama yang terlepas
Kalau dimaksudkan nama itu adalah pengunjung bisa menemukan segala informasi tentang Syaikh Yusuf dari bangunan itu, ternyata juga tidak sama sekali. Di bangunan itu hanya didapati sepasang muda-mudi yang lagi pacaran, tembok bangunan yang terkelupas sana-sini, rumput-rumput di halaman bangunan yang sudah meninggi, dan ragam kesemrawutan lainnya. Informasi macam apa?

Rumput yang meninggi, tidak terawat
Bangunan itu sungguh 'tak bertuan. Tidak jelas model, filosofi, maksud, dan tujuan pembangunannya. Mungkin lebih cocok bangunan itu dijadikan tempat shooting film horor karena bangunannya yang tampak horor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar