Kamis, 17 September 2020

Andy

Dia lahir dan besar di Papua. Ayahnya tukang servis mesin 'tik; ibunya urus rumah tangga.

Karena orderan ayahnya tidak menentu, dia dan saudara-saudarinya pun hidup miskin.

Karena alasan miskin pula, dia dimasukkan ayahnya ke STM. Harapannya sederhana saja: selesai sekolah, langsung kerja. Tidak neko-neko.

Maka bersekolahlah dia di STM. Jurusan Teknik Mesin. Anehnya, meskipun punya ilmu permesinan, dia dilarang membantu pekerjaan ayahnya.

Ayahnya punya prinsip: anaknya harus lebih baik dari ayahnya. Kalau dia bantu-bantu pekerjaan ayahnya, takutnya dia malah mewarisinya.

*****

Mungkin inilah yang disebut talenta. Meskipun berstatus sebagai anak STM, dia ternyata punya bakat menulis. Itu terbukti karena setiap pelajaran mengarang (Bahasa Indonesia), dia selalu mampu melakukannya dengan baik.

Hasil karangannya bahkan pernah dibawa oleh gurunya untuk diperlombakan. Hasilnya: tulisannya tidak juara. Bukan karena jelek. Juri ternyata tidak percaya bahwa  itu tulisan karya anak STM. 

Meskipun gagal juara, gurunya tetap bangga. Gurunya itu bahkan berpesan: kamu punya bakat menjadi wartawan. Pesan itu terpatri di kepalanya.

*****

Setamat STM, dia ikut kakaknya merantau ke Jakarta. Di ibukota Indonesia itu, dia pun mencari cara untuk menjadi wartawan. Dia memulainya dengan berkuliah di sekolahnya wartawan: Sekolah Tinggi Publisistik.

Di STP, kemampuan jurnalistiknya meningkat. Dan itu membawanya berlabuh ke media-media terbaik: Tempo, Matra, Bisnis Indonesia, dan, terakhir, Media Indonesia.

Dalam perjalanannya, Media Indonesia mau bikin televisi berita. Dia pun didapuk sebagai organisatorisnya. 

Dia memulainya dengan baik. MetroTV menjadi televisi berita bonafit di awal 2000-an. Perlahan, televisi itu menyingkirkan dominasi Seputar Indonesia ya RCTI dan Liputan 6-nya SCTV. Bahkan kemudian menenggelamkan keduanya.

Saking berhasilnya di MetroTV, dia bahkan dibuatkan acara khusus dimana dia sendiri yang menjadi host-nya. Nama acaranya Kick Andy.

Ya, dialah Andy Flores Noya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar