Senin, 24 April 2023

Pesepakbola Georgia

Seberapa banyak pesepakbola Georgia yang Anda kenal? Saya cuma mengenal tiga yang bermain di tim hebat.

Pertama, Shota Arveladze. Penggemar bola 90-an pasti familiar mendengar nama itu. Ya, Arveladze adalah striker andalan Ajax di masanya.

Bergaya tipikal khas striker Eropa Timur seperti Hristo Stoichkov atau Floren Raducioiu, Arveladze subur mencetak puluhan gol bersama Ajax. Pun cuma sering bermain sebagai pengganti.

Kini, di usia 50, Arveladze berkarir sebagai pelatih klub lokal di negaranya.

Kedua, Kakhaber Kaladze. Penonton Liga Italia 2000-an wabilkhusus Milanisti pasti kenal sekali dengan pemain itu. Bek kiri andalan AC Milan di masanya yang kadang didorong maju sebagai gelandang.

Tidak secepat Roberto Carlos atau setenang Denis Irwin, tapi positioning-nya sangat menyulitkan penyerang tim lawan. Umpan-umpannya dari sisi kiri juga sangat memanjakan Andriy Shevhenko dan Filippo Inzaghi.

Menariknya, di usia pensiun, Kaladze banting profesi jadi politisi. Bukan sembarang politisi, beberapa jabatan telah diembannya: legislator, Menteri Energi, dan Walikota.

Ketiga, ini yang paling hits: Khvicha Kvaratskhelia. Gelandang elegan yang berhasil membawa Napoli mendominasi Liga Italia Serie A.

Sumbangan 12 gol dan 10 assist-nya berhasil membawa Napoli berjarak dua kemenangan lagi dari gelar Seri A ketiganya sepanjang sejarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar