Sabtu, 25 Mei 2024

Rekor Leverkusen Terputus

Rekor neverlosen Bayer Leverkusen akhirnya terhenti di pertandingan ke-51. Hal itu terjadi di final Liga Eropa: Leverkusen dipermak 0-3 oleh Atalanta. Hasil itu membalikkan semua prediksi pundit yang ramai-ramai menjagokan Leverkusen.

Tidak salah para pundit menjagokan Leverkusen. Apalagi kalau tolak ukurnya prestasi musim ini: Leverkusen juara BundesLiga, tidak pernah kalah di 50 pertandingan, grafik performa pemain mereka tinggi. Adapun Atalanta: terdampar di posisi lima Seria A dan barusan kalah dari Juventus di final Coppa Italia. Tidak stabil.

Tapi itulah sepakbola. Ada unsur strategi dan seninya. Strategi playing ball ala Xabi Alonso tak berdaya melawan seni bertahan catenaccio ala Gianpierro Gasperini. Seni yang menjadi kunci Gasperini juga ketika menghancurkan Liverpool empat gol tanpa balas di Anfield.

*****

Pun demikian, Leverkusen tetaplah mempesona musim ini. Rekor neverlosen mereka tercatat sebagai yang tertinggi sepanjang masa. Memecahkan rekor Benfica. Gelar Bundesliga pertama sepanjang sejarah klub juga jelas sangat berkesan. Terlebih kalau dilengkapi gelar DFB Pokal akhir bulan nanti. Prestasi mereka patut diapresiasi.

Prestasi Atalanta juga tidak kalah berkesan. Bagaimana tidak, dahaga 61 tahun nirgelar langsung terbayar dengan gelar Liga Eropa. Tiket langsung ke Liga Champions semakin menyempurnakan semua.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar